Komplikasi Akibat Kanker Prostat


Komplikasi kanker prostat

Komplikasi kanker prostat

Penyakit kanker ini terdapat dan berkembang di dalam kelenjar prostat yang letaknya di bawah kantung kemih laki laki. Kelenjar prostat hanya dimiliki laki laki karena memiliki fungsi sebagai rumah bagi sel sperma. Di dalam prostat, sel sperma akan ditampung dan akan dikeluarkan dari saluran uretra saat ejakulasi. Jadi peranan kelenjar prostat disini sangat memiliki fungsi yang sangat vital sehingga harus dijaga baik baik kesehatannya. Sebenarnya banyak juga penyakit lain yang terjadi pada kelenjar prostat, tetapi yang paling parah adalah penyakit kanker prostat.
Ketika kelenjar prostat ditumbuhi sel kanker dan terus membentuk jaringan baru, jaringan tersebut terus tumbuh dengan cepat sehingga menyebabkan kelenjar prostat membengkak. Karena letak kelenjar prostat berada pada daerah saluran uretra yang merupakan jalur untuk mengeluarkan urine dan spreman, pembengkakan yang terjadi akan mengakibatkan aliran urin dari kantung kemih tersumbat sehingga penderitanya kesulitan buang air kecil. Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar prostat akan berdampak buruk bagi kesehatan dan sangat mengganggu aktivitas penderitanya, maka sebisa mungkin lakukanlah tindakan pencegahan dan pengobatan sesegera mungkin sebelum penyakit kanker semakin parah dan menyebabkan komplikasi.

Penyakit kanker bersifat metastatis yaitu dapat menjalar dan berpindah ke organ lain sehingga mengakibatkan jaringan disekitarnya mengalami kerusakan. Bahkan penyakit kanker prostat bisa mengakibatkan komplikasi yang cukup serius seperti kerusakan otot uretra, infeksi kantung kemih, infeksi ginjal, hingga gagal ginjal, kerusakan otot kantung kemih sehingga membuat penderitanya mengompol atau tidak bisa menahan air kencing. Penyakit kanker prostat bisa disembuhkan karena penyakit ini bisa terjadi secara lama bahkan bisa menahun. Jika ditangani dengan cepat dan tepat dalam kondisi sel kanker yang belum ganas, masih ada kemungkinan dapat sembuh secara total dan tuntas sampai ke akar penyakit kanker prostat.

PENGOBATAN MEDIS PENYAKIT KANKER PROSTAT
Mengatasi penyakit kanker prostat sangat mudah untuk dilakukan jika sel kanker belum tumbuh menjadi ganas dan tidak terkendali. Selama pengobatan yang dilakukan disaat sel kanker masih stadium 1 atau masih dalam tahap gejala gejala awal maka kesembuhan bisa saja terjadi. Berikut ini adalah informasi pengobatan secara medis mengenai penyakit kanker prostat.
• Terapi Sinar Radiasi
Menggunakan sinar radiasi tinggi yang bersifat radioaktif untuk membunuh sel kanker. Tettapi efek samping dari kekuatan sinar radiasi tersebut terjadi secara menyeluruh. Area yang terkena radiasi seperti pada sel normal pada kulit, tulang, daerah kantung kemih, daerah testis dan otot penis juga ikut melemah bahkan mati.
• Kemoterapi
Pengobatan ini adalah dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kekuatan yang bersifat radioaktif untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker. Obat kemoterapi harus dikonsumsi secara rutin dalam kurun waktu selama beberapa pekan dan dilakukan secara terus menerus hingga sel kanker sudah benar benar mati dan tidak ada sisa di dalam tubuh. Efek samping yang ditimbulkan tidak berbeda jauh dengan radiasi, efek dari obat tersebut pun bisa dialami oleh sel normal yang memiliki kemiripan sifat dengan sel kanker juga akan dihancurkan, sehingga berdampak negatif bagi kesehatan. Selain pengobatan medis dapat menggunakan obat tradisional kanker prostat yang ampuh.
• Operasi
Langkah terakhir jika pengobatan dan terapi tidak mendapatkan hasil yang optimal adalah melakukan tindakan operasi dengan tujuan untuk mengangkat sebanyak mungkin sel kanker dalam prostat. Tentunya ada biaya yang cukup besar yang harus dikeluarkan.

sumber : prostatecanceruk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *