Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut


rambut rontok

rambut rontok

Rambut adalah mahkota terutama bagi kaum hawa. Rambut yang indah adalah impian bagi semua orang. Rambut adalah salah satu penunjang utama penampilan untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Jika Anda melihat berbagai iklan shampo dengan model yang berambut tebal dan sehat, tentanya kita ingin memiliki rambut seperti itu bukan. Rambut tebal adalah salah satu penunjang kecantikan dan pastinya mengalami rambut rontok merupakan salah satu bencana untuk kaum wanita.
Namun terjadinya kerontokan rambut tersebut merupakan hal yang wajar, karena kerontokan rambut dapat terjadi sekitar 50-100 helai per hari. Nah pada artikel ini kita akan membahas hal hal yang dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut
Faktor Genetik
Faktor pertama yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah faktor genetik. Ada beberapa orang memang memiliki lebih sedikit rambut di kepala karena faktor genetik atau turunan dalam keluarganya tersebut. Maksudnya adalah ada wanita yang memang terlahir dengan memiliki rambut yang lebat dan indah, serta ada pula yang terlahir dengan rambut tipis dan jarang.

Terlalu kencang mengikat rambut
Faktor yang kedua adalah terlalu kencang mengikat rambut. Mengikat rambut sebaiknya jangan terlalu kencang. Hal ini bukan saja dapat menarik rambut dari akarnya yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, akan tetapi dapat menambah buruk terjadinya kerontokan pada rambut, serta dapat membuat kepala pusing atau pening. Sebaiknya urai saja rambut dan apabila ingin mengikat, gunakan penjepit rambut saja atau pakai karet rambut yang tidak terlalu kencang.

Tingkat hormon berubah
Faktor selanjutnya yang dapat memicu terjadinya masalah kerontokan rambut adalah tingkat hormon yang berubah. Khususnya pada wanita, lebih sering terjadi perubahan hormon, pada saat puber, saat menstruasi, saat menggunakan pil KB, saat hamil, saat setelah melahirkan dan bahkan saat menopause. Hal Ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut di kepala.

Kurang nya asupan zat besi
Kurang nya asupan nutrisi yang pas juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Nutrisi bukan hanya dibutuhkan untuk kesehatan tubuh saja, namun berguna juga untuk pertumbuhan serta kesehatan rambut Anda. Makanan yang mengandung kaya akan zat besi serta vitamin D paling banyak dibutuhkan, bukan hanya untuk darah, tapi juga untuk memperkuat batang serta akar rambut. Untuk itu demi mendapatkan rambut yang kuat dan sehat perbanyak lah konsumsi makanan yang mengandung zat besi serta vitamin D yang tinggi.

Itu lah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Semoga bermanfaat.

sumber : www.health.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *